Alasan menulis blog
Personal

Alasan Menulis Blog

Banyak yang nanya ke saya tentang alasan menulis blog, termasuk alasan saya memulai blog ini. Pertanyaan yang cukup menarik, melihat sejak beberapa tahun yang lalu Youtube lagi in banget ‘kan. Audience pun lebih tertarik menonton sejumlah video berjam-jam dibanding membaca satu artikel yang notabene bisa dibaca kurang lebih dua menit.

So, kenapa blog? Kenapa bukan platform lain?

Kalau ditanya kenapa menulis blog, biasanya saya selalu jawab, “Ya, karena dari dulu emang udah suka nulis blog.” Jawaban simpel yang saya lontarkan nggak menjawab pertanyaan siapapun karena saking sukanya saya nggak yakin ada alasan tertentu. Pokoknya ngeblog itu selayaknya udara yang saya hirup deh.

Kali ini saya mau jawab pertanyaan tersulit itu dari lubuk hati yang paling dalam (idih, apaan sih!). Jadi, apa sih yang membuat seorang Yasyfin suka ngeblog? :drum rolls:

1. Suka menulis

Sebelum kenal dunia blogging, menulis itu bukan hobi saya. Awalnya kakak saya yang ngenalin dunia blogger ini ke saya. Sekaligus dibuatin blognya juga lho! Saya yang nggak ngerti apa itu blog nurut aja pas dibikinin satu. Maklum, waktu itu masih umur 12 tahun, baru masuk SMP. Saya inget kakak saya buka belasan browser tabs buat nyari tema blog yang sesuai. Hai Kak Nassha kalau baca blog ini makasih ya kak udah buatin blog tersohornya Yasyfin wkwk.

Kalau kalian kenal saya dari jaman SMP atau SMA pasti tahu deh sama blog Si Anak Roti (Sekarang udah diprivate karena nggak diurus lagi). Tampilan blognya masih kacau balau. Terus kontennya raw banget, alias murni isi kepala tanpa diedit. Anehnya banyak yang nungguin post baru saya. Hampir setiap hari saya selalu ngeblog tentang sekolah. Kalau dipikir-pikir lagi, cerita jaman SMP itu konyol semua hahaha.

Baru deh di blog yang kedua, Crescendo Life (Udah dihapus dong blognya huhu), saya mulai sadar kalau saya suka menulis. Saking sukanya sama PUEBI, tulisan saya bakuuu banget. Sampe nggak nyaman nulis pake Bahasa Indonesia. Tapi, akhirnya saya sadar kalau blogging itu udah jadi bagian dari diri saya. Saya suka menulis baik dalam Bahasa Indonesia ataupun Inggris.

Lanjut!

2. Mengekspresikan diri melalui tulisan

Walaupun punya banyak hobi, blog lah media yang bisa mengekspresikan siapa saya. Kalau kalian baca blog saya pasti tahu apa yang saya jalani dan sukai. Saya lebih terbuka di blog dibanding media sosial lainnya. Seperti yang saya ceritakan tentang blog pertama saya yang super raw itu, saya nggak pernah menyaring perasaan saya. Mau lagi seneng, kecewa, atau sedih langsung aja post di blog wkwk. Tapi, semenjak akhir SMA saya lebih sering menyaring perasaan semacam itu karena nanti nggak nyambung sama topik yang lagi dibicarain.

3. Wadah untuk menyampaikan suara dan opini

Kenapa menjadi wadah bagi saya untuk bersuara? Saya merasa lebih nyaman beropini dan bersuara melalui tulisan. Lagipula nggak semua orang diluar sana adalah pendengar yang baik. Dengan mempunyai blog, saya punya tempat untuk mengutarakan pikiran saya. Tulisan saya pun abadi. Siapapun bisa kembali ke blog ini untuk membaca tulisan saya.

4. Media terapi dan penyembuhan jiwa

Dengan menulis, saya bisa jujur sama perasaan sendiri, seperti poin no.2 dimana saya bilang saya menuliskan semua perasaan saya. Yang dimaksud terapi bukan cuma dari menggambarkan perasaan kita, tapi mengeluarkan semua ide, cerita, dan semua yang mengganjal dipikiran kita. Setelah selesai ngeblog, saya merasa jauh lebih lega. Plus, saya jadi lebih mengenal diri saya sendiri.

Baca Juga: 2018 Recap: I Chose to be Strong

5. Senang berbagi cerita dan tips

Saya suka baca blog milik orang lain. Mungkin dari situ juga kenapa saya suka bagi-bagi cerita tentang diri sendiri ke pembaca. Rasanya seru aja gitu ngikutin keseharian orang yang belum pernah kita kenal. Yah, sama kayak nonton vlog orang, bedanya ini baca blog.

Saya juga banyak belajar tentang blogging semenjak punya blog yang kedua. Yang saya tangkep, blog itu hadir untuk memecahkan masalah orang-orang. Jadi, blog kedua saya berisi banyak tips mengenai bullet journal. Cuma semenjak ada Kalopsia Cloud, saya masih belum berani berbagi banyak tips tentang apapun karena saya pikir saya perlu belajar lebih banyak lagi.

Baca juga: Do This Instead of Pretending to Know Things You Don’t

Nah, lima poin di atas adalah alasan menulis blog bagi saya. Kalau diperhatiin, semua poin saling bersinggungan ya? Ngeblog itu menyenangkan, apalagi kalau ada yang baca hehe.

Nggak ada kata terlambat untuk memulai blogging lho, temen-temen! Kalau kalian mau mulai ngeblog, saran saya jangan pikirin masalah uangnya dulu. Yang terpenting kita harus rajin posting blog dan bertinteraksi dengan pembaca kita.

Segitu dulu blog hari ini. Semoga menjawab pertanyaan temen-temen ya. Terima kasih sudah baca blog ini.

Apa yang membuat kalian suka ngeblog? share jawaban kalian di kolom komentar dibawah ini ya!!

Subscribe to Kalopsia Cloud

Jangan lupa subscribe blog ini ya! Kalian bisa daftarin email kalian di kolom subscription yang ada di post ini atau di samping kanan-atas blog. Selanjutnya, kalian tinggal cek email konfirmasi dari Kalopsia Cloud dan klik “confirm follow“. Nantinya kalian akan mendapat email notifikasi setiap kali saya publish blog post baru. Terima kasih, temen-temen.