Goal Bulan Juni
Life

Goal Bulan Juni 2020

Bulan Mei tinggal menghitung hari lho temen-temen. Ini jadi momen yang tepat untuk memikirkan goal baru untuk bulan Juni. Di post kali ini saya akan merencanakan goal untuk satu bulan penuh. Yuk, simak bareng!

Ini pertama kalinya saya berbagi goal ke publik. Saya pernah dengar TED Talk dari Derek Sivers yang berjudul Keep Your Goals to Yourself. Di video yang berdurasi tiga menit itu, Sivers mengatakan kalau kita sebaiknya nggak membeberkan goal kita ke orang lain.

Lho kenapa? Hasil penelitian mengatakan orang-orang yang menceritakan goal mereka ke orang lain cenderung berhenti di tengah jalan. Sedangkan, yang tetap diam berhasil meraih target yang mereka inginkan.

Orang-orang yang dimaksud Sivers berhenti di tengah jalan karena setelah mereka cerita tentang target mereka, respon yang didapat membuat mereka berpikir mereka telah mencapai target mereka. Mereka kayak di langit ke tujuh pas dikasih pujian, gitu. Padahal mereka belum ngapa-ngapain.

Hal itu yang bikin saya nggak pernah share goal di dunia maya sama sekali. Tapi, kali ini saya tertarik. Hm, lagian kalau saya bocorin goal saya di blog ini, belum tentu dapat feedback semacam “Wah, kamu pasti bisa.” kan hahaha. Jadi kayaknya aman-aman aja nih.

Fun fact: Setiap bulan saya menulis goal, tapi yang terpenuhi biasanya hanya 45-70% nya saja.

Saya penasaran kalau menulis goal di sini apa saya akan semakin semangat mengejar target, atau justru makin jauh dari tujuan? Pokoknya saya akan update perkembangan saya, kalau nggak di tengah bulan, berarti nanti di akhir bulan Juni.

Bulan ini saya bagi target jadi empat kategori: kuliah, blog, baca buku, dan belajar bahasa baru. Pada dasarnya saya punya enam sampai delapan goal tahun ini, tapi setiap bulannya selalu saya bagi-bagi sesuai kemampuan saya.

Goal Bulan Juni 2020

Ini dia target yang akan saya kejar di bulan Juni:

  • Kuliah: Selesaikan proyek-proyek Ujian Akhir Semester (cerpen, naskah drama, presentasi-presentasi) setidaknya dua minggu sebelum ujian dimulai. Kalau bentuknya presentasi untuk minggu terakhir kuliah harus selesai dua minggu sebelum hari-H. Durasi seminggu sebelum hari-H dipakai untuk revisi.
  • Blog: Publish 3 blog post. Saya mencoba realistis karena bersangkutan dengan poin pertama.

Baca juga: 3 Struggles I Face as A Blogger

  • Baca buku: Baca 1 buku fiksi. Satu buku aja karena saya a sloooow reader (Saya mau baca 1 buku non-fiksi juga, tapi hanya sebagai bacaan ringan. jadi ini nggak termasuk goal).
  • Bahasa: Hafalkan 1000 kosakata bahasa Itali dalam satu bulan.

Itu dia goal yang harus saya capai di akhir bulan Juni!!

Semua goal diatas sudah saya buat serealistis mungkin, temen-temen. Saya menargetkan tiga entri blog post di bulan depan dengan melirik kesuksesan bulan ini sebagai patokannya. Hmm, kira-kira bisa nggak ya? Bakal ribet sama ujian akhir juga nih soalnya.

Untuk kerjaan kuliah, saya lebih fokus ke plan dibanding goal. Jadi, ya, yang di atas itu plan saya. Aduh, cheating.

Sejujurnya saya maunya dapet banyak nilai A di ujian nanti. Tapi, saya nggak mau bebanin diri sendiri dengan menulis huruf A di atas sana. Pertimbangan saya, kalau saya bisa kerjain semua proyek dari akhir bulan ini, berarti beban saya di ujian nanti berkurang. Selanjutnya tinggal fokus kerain essay dan buat presentasi yang bagus.

Terakhir, 1000 kosakata bahasa Itali. Wow, that sounds a lot, isn’t it? Dari pengalaman saya belajar bahasa, kosakata itu nggak bakal nempel di kepala dengan mudahnya kalau nggak digunakan sehari-hari.

So, my strategy is to learn a bit of Italian grammar, syntax, and also other simple things, such as writing, and speaking selagi hafalin 33-34 kosakata setiap hari. It’s daunting, I’m not lying. Can Yasyfin do that? heheh… :Laugh nervously:

another fun fact: Saya pertama kali belajar bahasa Itali di bulan November. Sejak pergantian tahun saya belum pernah sentuh buku lagi. Nggak tau kenapa saya lupa terus huhu.

I’ll end today’s post here, then. Terima kasih ya sudah nemenin saya nulis goal. Tunggu update nya di akhir bulan nanti ya! Kalau tercapai, Alhamdulillah. Kalau cuma terwujud setengahnya ya nggak apa-apa, masih ada hari lain buat dilanjutin lagi.

Kalian biasa buat goal juga nggak setiap bulan? Atau kalian tipe yang chill dan go with the flow aja? Yang manapun nggak masalah, lho. Kalau nggak keberatan, share target kalian bulan ini di kolom komentar ya!

Subscribe to Kalopsia Cloud

Jangan lupa subscribe blog ini ya! Kalian bisa daftarin email kalian di kolom subscription yang ada di post ini atau di samping kanan-atas blog. Selanjutnya, kalian tinggal cek email konfirmasi dari Kalopsia Cloud dan klik “confirm follow“. Nantinya kalian akan mendapat email notifikasi setiap kali saya publish blog post baru. Terima kasih, temen-temen.